Siap Lanjutkan Estafet Pembangunan Pertanian, Politeknik Enjiniring Kementan Kukuhkan 126 Mahasiswa TA. 2022/2023

by -51 Views

INFOTANI.ID – Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI), Kementerian Pertanian melaksanakan pengukuhan seragam secara offline di Auditorium PEPI di ikuti oleh 126 mahasiswa Tahun Akademik 2022/2023. Hal tersebut merupakan salah satu langkah konkrit PEPI sebagai Pendidikan Vokasi Pertanian untuk dapat mencetak generasi muda Petani Milenial guna mendukung visi pembangunan pertanian maju, mandiri, dan modern.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta generasi muda dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian. Mentan optimis kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

“Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial. Generasi milenial memiliki ciri berpikir strategis, inspiratif, inovatif, energik, antusias, dan fasih mengadopsi teknologi digital dalam berbagai aspek bisnis sehingga diprediksi menjadi pembawa pembaruan dalam pembangunan pertanian”, tegas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Hal Senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menegaskan, pendidikan vokasi merupakan salah satu alat untuk melahirkan petani milenial yang profesional, mandiri, dan berjiwa entrepreneurship.

“Bahkan pendidikan vokasi adalah sarana yang paling utama jika dibandingkan dengan metode yang lain. Karena, pendidikan vokasi adalah pendidikan yang relatif panjang, ada yang 3 sampai 4 tahun. oleh karena itu output yang paling diharapkan yaitu menjadi petani milenial yang tangguh,” kata Dedi.

Tugas Kita Menghasilkan SDM Unggul Dedi menambahkan, petani bisa berjalan dengan output dari pendidikan vokasi itu. “Oleh karena itu, kami menyampaikan kepada rekan pengelola pendidikan vokasi bahwa pendidikan vokasi harus menghasilkan qualified job seeker dan qualified job creator.

Artinya, alumni yang siap ditempatkan dari hulu sampai hilir dan alumni yang siap terjun bebas dalam pembangunan pertanian nasional dalam hal kewirausahaan pertanian,” katanya.

Direktur PEPI, Muharfiza yang mengukuhkan langsung 126 mahasiswa. Dirinya menyapaikan rasa bangga menyaksikan 126 mahasiswa Tahun Akademik 2022/2023 mengenakan seragam kebanggaan kampus PEPI.

Beliau menyatakan bahwa “Selamat datang calon generasi muda pertanian era global di lima tahun kedepan. Pada lima tahun kedepan pertanian ada di tangan kalian dan orangtua akan bangga atas keberhasilan kalian dalam memajukan pertanian di era industry 5.0” tegas Direktur PEPI.

Pengukuhan 126 mahasiwa terdiri dari tiga program studi diantaranya, Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Mekanisasi Pertanian dan Tata Air Pertanian yang akan di lakukan Pendidikan selama tiga tahun kedepan.

Nantinya mahasiswa tersebut akan terjun ke provinsi asal tempat tinggal untuk mengembangkan pertanian modern serta memperkenalkan inovasi-inovasi pertanian yang belum sampai ke wilayah masing-masing dalam hal pengoperasionalan alam mesin pertanian.

Setelah pengukuhan diharapkan mahasiswa/mahasiswi dapat menjaga nama baik PEPI untuk tetap menunjukkan sikap mahasiswa dalam mengutamakan adab dan sikap yang baik di lingkungan kampus maupun masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.