“GERAKAN DAYAK LAYAK TERANG”.

By | 24/07/2019 - [jp_post_view]

infotani.id“GERAKAN DAYAK LAYAK TERANG”.

Inilah sebagian makalah yang mau dipaparkan oleh Dr. Agustin Teras Narang, SH, sayangnya Beliau tidak dapat memaparkan makalahnya secara langsung diseminar dalam rangka  memperingati 125 tahun Peringatan Perjanjian Tumbang Anoi, walaupun makalah yang mau dipaparkan oleh Beliau  cukup relepan untuk dibagikan kepada semua warga dayak.   Adapun Beliau adalah Gubernur Kalimantan Tengah yang ke – 9, berikut penjelasan Beliau ;

Adil ka talino, bacuramin ka saruga, basengat ka jubata! Arus… Arus… Arus.

Pagi tadi saya tiba di Kuala Kurun dalam rangka menyampaikan paparan pada seminar yang seyogianya digelar memperingati 125 tahun Peringatan Perjanjian Tumbang Anoi.

Sayang sekali, ada perubahan lokasi dalam kurun waktu singkat, sehingga saya tak bisa menunaikan pemaparan makalah saya tentang “GERAKAN DAYAK LAYAK TERANG”.

Sebuah paparan mengenai bagaimana semestinya elemen masyarakat adat Dayak bersatu memperjuangkan komunitasnya, sebagai masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia.

Adapun usulan konkrit dari paparan tersebut, tadinya adalah mendorong Gerakan Dayak Layak Terang jadi gerakan kolektif kita.

Gerakan yang terdiri dari 5 poin layaknya Pancasila. Adapun USULAN YANG SAYA TAWARKAN ini adalah agar kita berjuang dalam semangat sekaligus GERAKAN DAYAK LAYAK TERANG yang sasarannya terdiri dari:

1. Dayak Layak hidup bersatu, berdikari dan makmur serta sejahtera dimanapun mereka berada. Sebagai ciptaan yang selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

2. Dayak Layak hidup di atas tanah adat yang menopang kebudayaan mereka dan yang terjaga kelestariannya.

3. Dayak Layak hidup dengan infrastruktur pendidikan, kebudayaan, sosial, ekonomi dan politik yang berkualitas serta bermartabat.

4. Dayak Layak hidup menentukan nasib masyarakatnya lewat peran kepemimpinan di daerah maupun nasional,dimana mereka menjadi warga negara.

5. Dayak Layak hidup sebagai warga Negara Indonesia dan masyarakat dunia, guna berperan dan terlibat aktif menciptakan perdamaian dan kesejahteraan serta keadilan sosial.

Semua ini mestinya menjadi buah penting dari Napak Tilas Perjanjian Tumbang Anoi 2019 ini. Agar ada kesatuan semangat dan nilai yang kita perjuangkan. Di tengah perbedaan pandangan di alam demokrasi, termasuk menyikapi perbedaan sikap soal pemindahan ibukota pemerintahan Republik Indonesia ke Kalimantan, semangat Dayak Layak bisa jadi perekat.

Semata demi Terangkatnya harkat dan martabat kita sebagai pejuang dan pelestari kebudayaan Dayak ditengah bingkai NKRI.

Sehubungan dengan batalnya pemaparan langsung di depan peserta Napak Tilas, perkenankan saya menyampaikan maaf untuk keterbatasan. Seraya tak lupa, disampaikan terima kasih dan apresiasi pada panitia, Pemkab Gunung Mas dan Pemprov Kalteng atas kerja keras mewujudkan agenda rutin ini.

Demikianlah  “GERAKAN DAYAK LAYAK TERANG”, Semoga bermanfaat.

Sumber : https://web.facebook.com/Island-Of-Dayak


Bantu Share Agar Bisa Bermanfaat Bagi Orang Lain, Terimakasih 🙂

TwitterFacebookTelegramLinkedInPin ItWhatsApp

One thought on ““GERAKAN DAYAK LAYAK TERANG”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *