Cara Menghitung Jarak Tanam Sawit Agar Optimal

By | 30/06/2019 - [jp_post_view]
infotani.id-Cara Menghitung Jarak Tanam Kelapa  Agar Optimal

Jarak Tanam Kelapa Sawit – Produktivitas tanaman akan selalu dibatasi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor pembatas tersebut ada yang berasal dari alam dan usaha budidaya.

Semua jenis tanaman akan memberikan produksi yang maksimal apabila kondisi tanah, iklim dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri.

Faktor-faktor pembatas tersebut seringkali berupa kondisi alam yang berada di luar jangkauan manusia, tetapi usaha budidaya yang baik dan benar akan dapat mengurangi adanya factor pembatas alam tersebut.

Salah satu usaha budidaya yang dapat mengurangi faktor pembatas alam tersebut adalah pengaturan jarak tanam. Usaha ini berusaha menciptakan kondisi iklim mikro yang mendekati sesuai dengan kebutuhan tanaman. Selain itu usaha budidaya ini juga memanfaatkan semaksimal mungkin potensi alam di sekitar kita.

Usaha budidaya kelapa sawit tentulah mengharapkan produktivitas dan hasil yang tinggi. Memilih dengan tepat dengan model pola tanam, jarak tanam dan kerapatan tanaman akan memberikan dampak jangka panjang pada produktivitas kelapa sawit.

Pola tanam tidak beraturan (biasanya cara budidaya tradisional), pola segitiga sama sisi atau pola segi empat dengan jarak tanam kelapa sawit tertentu akan berpengaruh secara langsung pada kerapatan tanaman dan produktivitasnya.

Tujuan utama pengaturan pola tanam dengan jarak tanam kelapa sawit adalah:

  • Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman,
  • Agar tidak terjadi persaingan dalam mendapatkan air, nutrient dan sinar matahari.

Intensitas, kualitas dan lamanya penyinaran matahari merupakan salah satu factor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan morfologis tanaman. Tanaman yang terlindung pertumbuhannya akan meninggi (etiolasi), habitusnya rendah (kurus) dan lemah. Jumlah daun sedikit dan bunga betina berkurang.

Jarak tanam kelapa sawit yang dianjurkan adalah segitiga sama sisi karena sistem ini lebih efisien sekitar 15 % dari pada sistem bujur sangkar dengan jarak yang sama.

Alasan lainnya adalah kelapa sawit memiliki tajuk yang berbentuk lingkaran.

Cara Menghitung Jarak Tanam Kelapa Sawit

Ada 2 cara dalam menghitung jarak tanam kelapa sawti, yaitu cara bujur sangkar dan segitiga. Berikut adalah detailnya:

1. Bujur Sangkar

Perhitungannya sama dengan tanaman yang mempunyai sistem pertanaman segiempat, yaitu :

Rumus :
rumus jarak tanam bujur sangkar
Perhitungan :
  • Luas Areal : 1 Ha
  • Jarak Tanam : 9m x 9m

rumus perhitungan bujur sangkar

2. Segitiga

jarak tanam segitiga

Untuk lebih mudah memahami perhitungan jumlah populasi kelapa sawit, maka gambarlah segitiga sama sisi yang mewakili jarak antar tanaman kelapa sawit :

Dimana :
  • a : Jarak tanam
  • b : Jarak antar baris yang akan dicari
Rumus :

rumus jarak tanam segitiga

Perhitungan :
  • Luas Areal : 1 Ha
  • Jarak Tanam : 9m x 9m X 9m

perhitungan jarak tanam
Selain cara diatas, ada cara simpel yang digunakan untuk menghitung jumlah populasi yang dikutip dari buku Iyung Pahan :

rumus jarak tanam mudah

Hubungan Jarak Tanam Kelapa Sawit, Pola Tanam dan Populasi Per Hektar Seperti Tabel Berikut :

Jarak Tanam (meter)Bujur sangkarSegi Tiga
6278320
7204236
8156180
9123143

Dari tabel tersebut di atas terlihat bahwa pola tanam segi tiga terbukti populasi per hektarnya lebih banyak ± 15%.

Hal ini disebabkan karena pola tanam segi tiga sama sisi dapat memaksimalkan ruang yang ada dalam menangkap sinar matahari, nutrisi, tanah dan air dengan jalan mengurangi adanya ruang kosong, seperti gambar di bawah ini.

Kesimpulan :

Dari perhitungan diatas tentunya sistem segitiga sama sisi lebih menguntungkan karena jumlah populasi yang lebih banyak. selain itu dalam hal persaingan terutama cahaya matahari, tentunya sistem segitiga lebih unggul karena tajuk tidak saling menutupi.


Bantu Share Agar Bisa Bermanfaat Bagi Orang Lain, Terimakasih 🙂

TwitterFacebookTelegramLinkedInPin ItWhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *