Wamentan Harvick Tinjau Kebun Produksi Jeruk BSIP Jestro Kota Batu

by -266 Views

INFOTANI.ID – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi meninjau area perkebunan jeruk milik Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementan di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat, 25 Agustus 2023.

Di sana, Wamen memantau aktivitas pengembangan varietas tanaman Jeruk unggul yang dipersiapkan khusus untuk memenuhi pasar ekspor. Menurut dia, jeruk Indonesia adalah jeruk berkualitas tinggi karena diproduksi melalui teknologi.

“Dengan adanya pengembangan buah jeruk oleh BSIP Jestro ini, kami terus berikhtiar agar produksi jeruk di Indonesia semakin meningkat diiringi kualitas ekspor yang tak kalah dengan jeruk dari negara lain,” katanya.

Sebagai informasi, varietas jeruk unggul tersebut di antaranya adalah varietas siam pontianak dan varietas keprok Terigas. Keduanya terus dikembangkan seiring permintaan pasar yang terus meningkat. Wamen berharap, semua inovasi ini bisa mendorong Kota Batu menjadi sentra bibit jeruk terbaik di Indonesia.

“Pemerintah dalam hal ini kementan terus melakukan pendampingan bagi petani yang siap mengembangkan komoditas jeruk siap ekspor,” katanya.

Sementara itu, Kepala BSIP Jestro Kota Batu, Nurdiah Husnah mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyimpan lebih dari 274 aksesi Sumber Daya Genetik Jeruk yang dikelola langsung oleh jajaran BSIP. Karena itu, dia optimis dengan semakin masifnya dukungan kementan komoditas jeruk di Kota Batu dapat menjadi juara.

“Keragaman ratusan varietas jeruk yang tersebar di berbagai daerah merupakan hal yang penting karena selain merupakan kekayaan nasional tetapi juga dapat dikembangkan untuk berbagai manfaat bagi sektor pertanian nasional,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.