Kapusluh: Pertanian Berkelanjutan Roh Program CSA

by -290 Views

INFOTANI.ID – Balai Pelatihan Pertanian (BPP) memiliki peran strategis dalam peningkatan kapasitas SDM pertanian. BPP, yang notabene pusat konsultasi agribisnis berperan dalam menyediakan pelayanan jasa konsultasi agribisnis dan manajemen usaha tani.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluhtan) Bustanul Arifin Caya saat menghadiri Bimtek Penguatan Kapasitas SDM Project CSA SIMURP, Kamis (27/7) malam di Solo, Jawa Tengah.

Bustanul mendorong adanya penguatan lima fungsi dan peran BPP. Yakni Pusat Data dan Informasi Pertanian, Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat Konsultasi Agribisnis dan Pusat jejaring Kemitraan.

“BPP menjadi instrumen penting dalam mengawal program pembangunan pertanian dan melayani kebutuhan informasi teknologi pertanian dapat maksimal,” ujar Bustanul melalui keterangan tertulisnya, Senin (31/7).

Bustanul berpesan bahwa fasilitas yang telah dibuat agar dimaksimalkan dengan baik. Terutama Scren house, bukan hanya sebagai show windows saja tetapi sebagai tempat beragribisnis dan latihan bagi penyuluh dan petani.

Bustanul meminta para peserta Bimtek untuk tidak melihat CSA hanya sekadar teknologi saja.

“Tetapi spiritnya. Roh program ini juga. Bagaimana meningkatkan produktivitas ke dalam aspek pertanian. Pertanian berkelanjutan menjadi aspek penting CSA atau roh program ini,” kata Bustanul.

Bustanul menerangkan bahwa para penyuluh adalah garda terdepan program CSA. Itu karena mereka memiliki fungsi menjaga lingkungan, pembelajaran atau pemberdayaan.

“Penyuluh sejatinya telah memahami lebih jauh terkait garis besar program CSA, bahkan sebelum ada program ini. Karena memang itu sudah menjadi keseharian mereka dan penyuluh sebagai konsultan agribisnis seharusnya dapat menyampaikan proses bisnis tapi kalau kita sendiri tidak melakukannya bagaimana bisa jadi contoh bagi petani kita,” pungkasnya.

Bimtek digelar selama 4 hari bertujuan untuk mendukung keberlanjutan program Climate Smart Agriculture atau CSA Tahun 2023, khususnya di provinsi Jawa Tengah. Ada 7 kabupaten yang menjadi peserta Bimtek, yakni Purworejo, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Brebes, Grobogan dan Demak. Adapun CSA adalah bagian dari program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP). Program ini berfokus pada modernisasi irigasi strategis dan program rehabilitasi mendesak. (SIMURP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.