Kementan Pastikan Stok Bahan Pangan di Banten Aman

by -416 Views

INFOTANI.ID – Kementerian Pertanian terus memantau ketersediaan bahan pangan di sejumlah provinsi, termasuk Banten. Hasilnya, stok bahan pokok di Provinsi Banten dipastikan aman.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pengecekan ini dilakukan atas instruksi Presiden Joko Widodo.

“Atas instruksi Presiden, Kementerian Pertanian terus memantau ketersediaan bahan pokok. Dan Kementerian Pertanian telah hadir di seluruh provinsi untuk memastikan stok bahan pangan aman,” kata Syahrul..

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menyampaikan hal serupa.

“Kita pantau 12 bahan kebutuhan pokok di seluruh provinsi sebagaimana arahan Bapak Presiden. Kita harus memastikan ketersediaan bahan pangan aman untuk masyarakat saat lebaran nanti,” ujar Dedi.

Di Provinsi Banten, pengecekan dilakukan Tim Kementerian Pertanian, yang di pimpin oleh Sekretaris BPPSDMP, Siti Munifah yang bersinergi dengan jajaran Inspektorat Jenderal Kementan, pemerintah provinsi dan kabupaten kota, selama satu hari (15/04) melakukan pemetaan ketersediaan pangan, mulai dari, Kota Tanggerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon dan Kabupaten Serang

Adapun lokasi pasar yang di kunjungi meliputi
Pasar Modern, Pasar Serpong, Pasar Anyar, Pasar Malabar, Pasar Kelapa Dua, Pasar Tigaraksa, Pasar Lebak, Pasar Rau, Pasar Rangkas Bitung, Pasar Pandeglang, Pasar Blok F , Pasar Petir , Pasar Kranggot serta agen bahan pokok.

Kegiatan tersebut untuk memastikan ketersedian pangan di  Provinsi Banten jelang hari raya Idul fitri 1444 H.

“Kami sudah melihat langsung di pasar bahwa  stok 12 bahan pokok komoditas strategis di Provinsi Banten ini tersedia,” ujar Siti Munifah.

“Kementerian Pertanian telah mengeluarkan kebijakan bahwa seluruh Eselon 1 dan Eselon 2 ada di kabupaten kota maupun provinsi. Ini menunjukkan bahwa kehadiran Kementan, kita berharap melalui program ini, kita menyelenggarakan pasar tani dan juga mempersiapkan ketersediaan pangan sehingga di bulan Ramadan maupun menjelang lebaran seluruh ketersediaan pangan bisa kita hadirkan. Kita harapkan komitmen Bersama ini bisa kita pertahankan,” jelas Siti Munifah.

Siti Munifah, menambahkan
pangan merupakan kebutuhan utama manusia untuk dapat bertahan hidup.

“Di masa pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, Kementerian Pertanian terus bekerja menjaga produksi komoditas pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia,” ujar Munifah.

Berdasar hasil pantauan Tim di beberapa pasar di wilayah provinsi Banten, beberapa harga komoditas mengalami fluktuasi seperti Cabai Merah yang berkisar di 40.000 sampai 45.000/KG, Daging Sapi stabil di 140.000 ribu/KG dan Minyak Goreng curah berkisar 14.000 sampai 15.000/KG. Dan pasokan terpantau aman.(.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.