Rumput Laut di Pulau Pari Dibudidayakan Sudin KPKP

by -381 Views

INFOTANI.ID – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu membudidayakan rumput laut di Pulau Pari, sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Kepala Seksi Kelautan dan Perikanan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Elis Rora menjelaskan, potensi rumput laut di Kepulauan Seribu sangat besar, sehingga memiliki potensi untuk peningkatan ekonomi yang lebih stabil bagi masyarakat setempat, selain dari sektor pariwisata.

“Budidaya rumput laut sempat vakum beberapa tahun lalu, kini kami geliatkan kembali untuk meningkatkan perekonomian petani laut. Upaya ini kami lakukan dengan melibatkan Talenta Mutiara Nusantara Foundation,” kata Elis, Minggu (19/02/2023).

Elis mengaku, Pulau Pari sengaja dipilih sebagai demonstrasi plot (demplot) budidaya, karena secara teknis memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk perkembangan rumput laut.

“Penanaman bibit rumput laut ini telah dilakukan di tiga titik sekitar Pulau Pari, dengan jenis bibit Eucheuma cottonii  sebanyak 150 kg. Nantinya budidaya ini akan dikembangkan di pulau-pulau lain yang memiliki potensi budidaya rumput laut,” tuturnya.

Sementara itu, Seaweed Expert dari Talenta Mutiara Nusantara Foundation, Hisworo Ramdani, mengatakan tujuan demplot budidaya ini untuk menyediakan bibit rumput laut yang berkualitas dan berkelanjutan, yang nantinya bermanfaat bagi pembudidaya rumput laut di Pulau Pari dan pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

“Kegiatan ini juga untuk mendapatkan data musim tanam yang produktif dan pola tanam yang tepat dari kebun rumput laut. Kami berharap terciptanya suatu kegiatan masyarakat, khususnya wanita nelayan, yaitu menjadi pembudidaya rumput laut sebagai salah satu sumber penghasilan keluarga,” terangnya.

Menanggapi hal ini, salah seorang pembudidaya rumput laut di Pulau Pari, Sartono mengaku, dirinya menaruh harapan besar setelah budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu kembali dikembangkan.

“Budidaya ini bisa hidup seperti dahulu, serta dapat membantu  menumbuhkan ekonomi di Pulau Pari. Kami mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh Sudin KPKP dan Talenta Mutiara Nusantara Foundation, semoga bisa berjalan lancar dan sukses,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.