Wamen Harvick Dorong Ribuan Santri Geluti Sektor Pertanian di Bondowoso

by -184 Views

INFOTANI.ID – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mendorong ribuan santri di Bondowoso, Jawa Timur untuk turun langsung membangun sektor pertanian di sana. Menurut Wamentan, Bondowoso merupakan wilayah subur yang memiliki berbagai komoditas unggulan terbaik Indonesia.

“Saya mengapresiasi sektor pertanian Bondowoso yang memiliki beberapa komoditas unggulan seperti kopi dan tembakau. Karena itu, para santri harus turun langsung ke sektor pertanian,” ujar Wamentan di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso, Senin, 16 Januari 2023.

Wamentan mengatakan, sektor pertanian adalah kunci sekaligus penopang utama ekonomi Indonesia. Pertanian terbukti mampu membuka lapangan kerja hingga berjuta-juta. Karena itu, santri harus bergerak mengembangkan inovasi dan hilirisasi.

“Saya juga berpesan kepada pemerintah daerah agar hilirisasi di Kabupaten Bondowoso lebih optimalkan. Tentu saja proses hilirisasi ini dapat melibatkan para santri muda,” katanya.

Wamen menambahkan, saat ini terdapat program unggulan yang bisa diakses seluruh masyarakat dalam mengembangkan usaha tani. Di antaranya fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang memiliki bunga rendah.

“Saya berharap agar program-program Kementan dapat diserap dengan baik oleh masyarakat petani Bondowoso, khususnya bagi para santri Al Ishlah,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rachmat menyampaikan terimakasih atas perhatian dan dukungan Kementan terhadap sektor pertanian di Bondowoso. Dia berharap, kehadiran Wamen Harvick mampu memacu semangat dan produksi petani.

“Saya berharap dengan kehadiran pak Wamentan bisa memberikan peluang yang besar untuk kopi kita agar diekspor ke luar negeri,” katanya.

Pengasuh Ponpes Al-Islah, KH Thoha Yusuf Zakariya mengatakan bahwa sejauh ini petani selalu menjadi bagian penting untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Oleh karena itu, ia berharap kehadiran Wamentan Harvick dapat membawa kesejahteraan bagi para petani di Bondowoso.

“Indonesia negara agraris, petani telah menjadi kelompok penting dalam ketahanan pangan. Namun kesejahteraan petani masih jauh dari harapan. Selamat datang Pak Wamentan, semoga dapat membawa kesejahteraan bagi para petani di Bondowoso dan sekitarnya,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.