Politeknik Enjiniring Kementan Raih Sertifikat ISO 9001:2015

by -319 Views

INFOTANI.ID — Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima Politeknik Enjiniring pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian sebagai Unit Pelaksana Teknis Penyelenggara Pendidikan telah menerapkan sistem manajemen mutu sesuai dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. PEPI resmi telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 dari Lembaga Sertifikasi PT. ENHAII MANDIRI 186 pada tanggal 21 Desember 2022.

Dengan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, merupakan upaya memenuhi harapan dan keinginan masyarakat melalui penerapan suatu sistem manajemn yang dirancang untuk menanggapi kebutuhan layanan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara cepat, tepat, berkualitas, transparan dan melakukan perbaikan serta peningkatan secara berkelanjutan.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), untuk terus berupaya melakukan perbaikan peningkatan pelayanan sesuai dengan standar sistem manajemen mutu.
“Untuk mencetak Sumber Daya Manusia Pertanian diperlukan lulusan SDM yang unggul untuk meneruskan dan mengisi pembangunan pertanian,” kata Syahrul.

Senada dengan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi bahwa mesin cetak SDM unggulan ada di lembaga Pendidikan dan Kementan mempunyai lembaga pendidikan vokasi.

“Pengembangan pendidikan vokasi menjadi kunci, karena lewat pendidikan vokasi ini akan banyak lahir petani milenial. Dan agar diingat oleh seluruh jajaran pendidikan, bahwa output dari pendidikan vokasi Kementan adalah qualified job creator dan job seeker,” kata Dedi.

Perjalanan untuk memperoleh Sertifilkat ISO 9001:2008 ini telah melalui rangkaian perjuangan yang panjang. Dimulai dengan pembentukan Tim Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada tanggal 3 September 2022. Disusul kemudian dengan penyusunan dan perbaikan standar-standar operasional prosedur (SOP), baik SOP yang terkait dengan layanan penyelenggara pendidikan maupun layanan non penyelenggara pendidikan, serta penyusunan dokumen-dokumen persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Ketua Tim ISO 9001:2015, Rahmat Hanif Anasiru mengatakan Sertafikasi ISO yang telah diraih artinya bawah Intitusi PEPI telah terjamin mutu pelayanannya.

“Saya berharap pimpinan beserta seluruh jajaran aparatur PEPI bertekad untuk senantiasa konsisten dalam memenuhi persyaratan, harapan dan keinginan para penerima layanan baik mahasiswa maupun masyarakat luar, serta melakukan perbaikan secara berkelanjutan dengan meningkatkan kinerja institusi, meningkatkan kepercayaan publik dan kepuasan Penyelenggaraan Pendidikan” tegas Rahmat.

Dengan Sertifikasi ISO 9001 : 2015 Sistem Manajemen Mutu ini, PEPI berusaha secara konsisten dan sistematis meningkatan mutu dan kualitas pelayanan dalam bidang administrasi Penyelenggaraan Pendidikan dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.