Songsong Tahun 2023, Politeknik Enjiniring Kementan Tingkatkan Kompetensi Pegawai

by -471 Views

INFOTANI.ID – Dalam rangka menyongsong tahun 2023, dengan penuh semangat dan energik Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian hadirkan Pelatihan kompetensi security dan pramusaji sebagai upaya peningkatan kinerja SDM yang professional dalam melayani kebutuhan masyarakat terhadap institusi.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari proses transformasi pembelajaran dan pengembangan kompetensi pegawai yang selaras dengan tugas dan fungsi yang diembanya. Oleh karena itu, pegawai dituntut untuk beradaptasi pada perubahan, tak lupa juga dapat mendorong pegawai memiliki sikap mental yang positif serta berpikir dan bekerja cerdas.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam kesempatan terpisah menyampaikan, memperbaiki pertanian di Indonesia dimulai dari sumber daya manusianya. Pertanian akan menjadi maju, mandiri, dan modern apabila ditopang oleh SDM Pertanian yang handal.

“Kalau kita ingin pertanian semakin maju, Maka harus diperkuat SDM-nya. Pengetahuan dan kemampuan SDM pertanian harus terus ditingkatkan untuk mendukung hal itu,” papar Mentan Syahrul.

Disisi lain Kepala BBPSDMP, Dedi Nursyamsi mengungkapkan, sebuah organisasi dikatakan berhasil jika adanya kekompakan.

“Bekerjasama membangun citra institusi yang baik merupakan kunci keberhasilan untuk mencapai sebuah cita-cita besar. Kebersamaan dan kekompakan perlu dilakukan untuk membesarkan diri dan orang lain. Dengan kebersamaan, persatuan dan kesatuan akan semakin kokoh” ujar Dedi.

Pelatihan pegawai yang bertemakan Hospitality and Service Excellent merupakan salah satu program kerja kepegawaian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas institusi sebagai pelayanan public. Direktur PEPI, Muharfiza membuka langsung kegiatan pelatihan tersebut. Dirinya mendukung penuh pelatihan kompetensi ini agar para pegawai mampu secara cerdas dalam mengelola organisasi.

“Harapan saya setelah pelatihan ini para pegawai keamanan dan pramusaji memiliki motivasi dalam peningkatan kinerja, serta dapat mengembangkan potensi diri” tegasnya.

Sebagai bentuk pembinaan pegawai, Pelatihan kerja dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan penyelenggara pelayanan, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja, dan diselenggarakan berdasarkan program pelatihan yang mengacu pada standar kompetensi kerja.

Dengan kata lain, pengadaan pelatihan kerja bertujuan agar tenaga kerja dapat menguasai pengetahuan, keahlian dan perilaku yang ditekankan dalam program-program pelatihan, sehingga dapat bersaing untuk mencapai standar kompetensi kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.