Irjen Kementan Gelar Rakor Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di Maluku

by -128 Views

INFOTANI.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Inspektorat Jenderal (Itjen) bersama Aparatur Penegak Hukum (APH) di Provinsi Malukumeningkatkan kolaborasi dalam menyukseskanProgram Jaga Pangan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan kerjasama yang kuat dari pemerintah pusat dan daerah harus selaras dengan program jangka panjang Kementan, terutama berkaitan dengan ketahanan pangan dan peningkatan daya saing berkelanjutan, diantaranya melalui peningkatan kapasitas produksi, penguatan cadangan pangan dan pembangunan sistem logistik pangan.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan, Jan Samuel Maringka dalam Rapat Koordinasi Pengawasan(Rakorwas) Bidang Ketahanan Pangan di Ambon, Maluku, Kamis (24/11) menekankan dalam pembangunan pertanian di daerah diperlukan adanya kolaborasi dan sinergi yang efektif antara Kementerian Pertanian Pusat khususnya APIP dengan pihak Pemerintah Daerah serta dengan unsur APH di daerah.

Dengan adanya kolaborasi dan sinergi tersebut diharapkan kegiatan Kementan di daerah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan, serta mencapai tujuan yang diharapkan, sehingga ketahanan pangan dapat terwujud.

Oleh karena itu, Maringka mengajak Aparatur pengawasan intern pemerintah (APIP) dan Aparatur Penegak Hukum (APH) di daerah secara bersama membentuk komitmen untuk menjaga pangan sehingga kedepan kontribusi sektor pertanian dapat terus meningkat.

Untuk diketahui, Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan ini dipimpin langsung oleh Irjen Jan Samuel Marinka yang dihadiri Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Maluku Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Maluku Edyward Kaban, S.H., M.H., Perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, BPKP Perwakilan Maluku, dan Kepala UPT lingkup Kementan di Provinsi Maluku.

Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian melakukan rangkaian kunjungan kerja Selama 2 hari (23-24 November 2022) dengan stakeholders Se-Provinsi Maluku untuk monitoring dan evaluasi bersinergi mewujudkan Ketahanan Pangan.

Diharapkan dengan koordinasi ini, bisa digali berbagai potensi daerah di masing-masing Kota/Kabupaten untuk memperkuat pangan dalam negeri sekaligus meningkatkan ekspor Tanah Air.

Setelah kegiatan rakorwas, dijadwalkan akan dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kelopok Tani si Kota Ambon serta kunjungan ke Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Ambon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.