Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Politeknik Enjiniring Kementan Gelar Bela Negara

by -212 Views

INFOTANI.ID – Sebagai salah satu pendidikan vokasi Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian berupaya menciptakan generasi yang terdidik serta memiliki wawasan kebangsaan. Melalui pelatihan bela Negara diharapkan karakter tersebut dapat ditumbuhkan dengan maksimal sehingga mahasiswa tidak hanya unggul dibidang akademik namun juga unggul dibidang non akademik.

Sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo bahwa Pendidikan vokasi memilik peran penting untuk menyatukan antara intelektual dengan karakter. Kekuatan karakter sangat penting karena akan membuat mahasiswa menjadi seorang yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada.

“Pendidikan vokasi harus menciptakan generasi milenial yang memiliki karakter seorang petarung, tidak mudah menyerah, dan memiliki jiwa yang tangguh,” ujar Mentan.

Mentan menilai masa depan pertanian Indonesia ada pada pundak para pemuda. Oleh karena itu Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum untuk pemuda turun dan memperjuangkan pangan. Dirinya mengingatkan, generasi muda harus berani ambil bagian sebagai penerus perjuangan para pemuda bangsa terdahulu.

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi bahwa pertanian dari kalangan milenial dinilai mampu memberikan terobosan baru untuk membangun pertanian tanah air.

Pelatihan bela negara dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti. Dirinya mengungkapkan kegiatan Bela Negara tersebut sebagai upaya pembinaan karakter mahasiswa tingkat I, II, dan III untuk mewujudkan mahasiswa PEPI sebagai SDM Pertanian yang memiliki wawasan kebangsaan, kedisiplinan, jiwa kepemimpinan, dan berkarakter tangguh.

“Saat ini Pembangunan Pertanian Indonesia yang maju, mandiri, dan modern khususnya dibidang enjiring pertanian membutuhkan anak muda bangsa yang memiliki jiwa-jiwa nasionalisme, cinta tanah air, dan berkarakter” ujar Kapusdiktan.

Oleh karena itu dirinya berharap kegiatan Bela Negara ini akan mampu membentuk karakter mahasiswa PEPI yang siap menghadapi tantangan pembangunan pertanian dimasa yang akan datang. ”Mari bersama-sama kita bulatkan tekad untuk memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa”, tambahnya.

Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Andy Saryoko menilai kegiatan bela negara yang di ikuti oleh 265 mahasiswa tersebut siap untuk membentuk jiwa kebersamaan, solidaritas, mental fisik yang tangguh, serta menanamkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

“Oleh karena itu setelah kegiatan tersebut seharusnya dapat dengan mudah di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan kampus maupun ditengah tengah masyarakat”,ujar Andy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.