Rumah Budaya HMA Antarkan Halimah Munawir Raih AWEN Award 2022

by -57 Views

INFOTANI.ID – Kepedulian dan dedikasi Halimah Munawir mendapat apresiasi dunia. Perhatiannya terhadap budaya serta pemberdayaan UMKM mengantarkannya pada salah satu tokoh wanita penting di Indonesia.

Belum lama ini, Halimah mendapat penghargaan untuk tingkat ASEAN/Asia Tenggara pada ajang AWEN Award 2022. Pemilik Rumah Budaya HMA itu meraih dua penghargan untuk kategori wanita inspiratif.

“Alhamdulillah ini suatu apresiasi yang luar biasa,” ujar Halimah di RUmah Budaya HMA Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, dari lokal kategori lokal pihaknya didapuk sebagai wanita inspiratif lalu dari AWEN Award 2022 khususnya sebagai persatuan wanita pengusaha ASEAN yang mendapatkan penghargaan sebagai bisnis woman.

“Kategori ini juga menilai kiprah para tokohh wanita bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM). Kami selain di budayat juga concern membantu para UMKM,” kata dia.

Halimah juga bercerita kalau dirinya tengah mengembangkan wilayah Desa Kuta dengan mengajak masyarakat setempat untuk berkolaborasi. Ini mengingat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah mengembangkan seni dan budaya sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Kemenparekraf menetapkan bahwa seni itu salah satu bidang ekonomi kreatif maka saya semakin semangat maka sanggar ini diubah menjadi rumah budaya,” tuturnya.

Ia mengatakan, rumah budaya ini tidak hanya untuk warga sekitar akan tetapi dirinya mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara.

Halimah juga akan memberikan layanan terbaik bagi yang akan berkunjung ke Rumah Budaya HMA.

“Insya Allah saya akan buat festival tari Legenda kalau di Bali ada tari Kecak di Bogor ada tari Legenda, dengan panggung terbuka sehingga kita akan terus berbenah agar rumah budaya HMA bisa menjadi desa wisata,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Penulis Novel ‘The Sinden’ tersebut juga memiliki misi untuk melakukan edukasi untuk wanita Indonesia agar bisa mengelola peluang bisnis yang ada.

Konkretnya, pihaknya akan melakukan gerakan obor sastra di Banyuwangi. “Kami juga akan mengajak ibu rumah tangga dalam berbisnis, mengingat saat ini sangat mudah jika ingin menjadi wirausaha bahkan dapur serta lahan kecil pun bisa dijadikan tempat wisata,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.