Taman Rimbawan Cilik Universitas Brawijaya, Sarana Edukasi Perubahan Iklim Untuk Anak SD Sekitar Hutan

by -51 Views

BERITA BAHARI – Taman rimbawan cilik merupakan suatu inisiasi pendidikan non formal yang berfokus pada pendidikan pemeliharaan alam/ konservasi untuk anak-anak yang dikemas dengan ceria dan menyenangkan untuk anak anak sekolah dasar yang berada disekitar hutan.

Dibentuk sejak tahun 2021 oleh Mahasiswa Kehutanan Universitas Brawijaya sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Dan kini, Taman Rimbawan Cilik menjadi program kerja tetap dari Himpunan Mahasiswa Kehutanan (HMKT FP UB).

Pada tahun ini, untuk kedua kalinya Taman Rimbawan Cilik diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Tanah Fakultas Pertanian melalui dana hibah Pengabdian Masyarakat PNBP 2022.

Berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Kehutanan (HMKT) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Tim Pengabdian Masyarakat PNBP diketuai oleh Dr. Ir. Budi Prasetya, MP dengan dosen Kehutanan M. Asyief Khasan Budiman, S.Hut, M.Si yang bertindak sebagai pembina Taman Rimbawan Cilik.

Tak hanya itu, Taman Rimbawan Cilik kini mulai melebarkan sayapnya untuk mengajak Mahasiswa Se-Universitas Brawijaya untuk berkontribusi dalam kegiatan yang di selenggarakan oleh Mahasiswa Kehutanan. Kini, ada beberapa mahasiswa dari jurusan yang berbeda berkontribusi sebagai volunteer didalam kegiatan Taman Rimbawan Cilik.

Tema yang diusung pada konsep Taman Rimbawan Cilik kali ini yaitu perubahan iklim, dimana nantinya anak anak sekolah dasar diberikan materi mitigasi mulai dari pengelolaan sampah, penanaman pohon sampai inventarisasi keanekaragaman hayati dan materi adaptasi mulai dari pengenalan upaya ketahanan pangan, krisis air bersih dan upaya menanggulanginya dan pembuatan lubang biopori, yang tentunya materi pelajarannya akan dikemas sesuai dengan usia siswa sekolah dasar.

Rangkaian kegiatan Taman Rimbawan Cilik diawali dengan tahap persiapan oleh panitia acara sejak bulan Agustus 2022, dilanjutkan dengan kegiatan coaching clinic pada tanggal 1 Oktober 2022, dimana pada tahap ini dilakukan penyampaian terkait teknik pendekatan untuk anak anak SD, penyampaian teknis acara dan penyamaran materi kepada volunteer yang telah terpilih dan bergabung menjadi tim Taman Rimbawan Cilik, materi tersebut disampaikan oleh Bapak Asyief dan rekan rekan panitia.

Selanjutnya tahap akhir yaitu pelaksanaan, dimana nantinya akan dibagi menjadi beberapa pertemuan sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

Pada tahap pelaksanaan, rangkaian kegiatannya dimulai dengan kegiatan Pembukaan Taman Rimbawan Cilik dilakukan kemarin tepatnya pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022, dihadiri langsung oleh Bapak M. Asyief Khasan Budiman, S.Hut, M.Si selaku pembina Taman Rimbawan Cilik dan Bapak Winoto S.Pd selaku kepala sekolah SDN 4 Ngenep.

Rangkaian pembukaan kegiatan Taman Rimbawan Cilik dilakukan secara simbolis oleh Bapak Asyief dan Pak Winoto.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pengkondisian dan kegiatan belajar mengajar diawali pengantar oleh ketua pelaksana pengabdian kepada masyarakat Bapak Dr. Ir. Budi Prasetya, MP. Lalu dilanjutkan

dengan kegiatan belajar mengajar oleh Tim Taman Rimbawan Cilik baik dosen, panitia ataupun volunteer. Diakhir acara, ditutup dengan penanaman bibit alpukat di sekitar halaman sekolah, sebagai bentuk pembelajaran interaktif sekaligus memupuk rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Harapannya, Kegiatan Taman Rimbawan Cilik dapat menjadi iniasi sekolah peduli iklim dan sarana edukasi baik bagi siswa sekolah dasar ataupun mahasiswa untuk dapat berkembang dan belajar di dalam kegiatan bermasyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.