BCL Natuna Diwarnai Aksi Anak-Anak Sekolah Bersihkan Sampah Laut

by -65 Views

INFOTANI.ID – Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) di Natuna turut melibatkan anak-anak sekolah untuk membersihkan sampah laut. Upaya ini dipandang penting untuk memperkuat akar Gernas BCL dengan mengajarkan anak-anak sekolah menjaga kesehatan laut.

“Gernas BCL ini merupakan upaya yang didasari oleh semangat kolektif untuk menjaga laut dari bahaya sampah plastik”, ujar Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Pamuji Lestari saat mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Gernas BCL di Natuna pada Kamis (20/10).

Pamuji juga memuji dilibatkannya anak-anak sekolah dalam Gernas BCL di Natuna. Ini merupakan contoh yang baik agar generasi mudah ikut terlibat dalam upaya menjaga kesehatan laut. Dia juga berharap agar Kabupaten Natuna bisa menjadi champion dalam upaya menjaga kesehatan laut melalui Gernas BCL ini.

“Apalagi Natuna ini wilayah lautnya sangat dominan, sehingga sangat penting untuk menjaga lingkungan laut dari sampah” ujar Pamuji.

Sementara itu, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya terhadap para pelajar-pelajar Natuna yang ikut berpartisipasi dalam Gernas BCL di Natuna. Menurutnya hal tersebut akan menjadikan kebiasaan ini menjadi gerakan berkelanjutan di masa depan.

“Yang saya banggakan adik-adik para pelajar yang sudah ikut bergotong royong membersihkan sampah di pantai dan laut”, ujar Rodhial.

Keterlibatan anak-anak sekolah menjadi pemandangan menarik dalam Gernas BCL di Natuna. Puluhan pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Natuna ikut membersihkan sampah di sekitaran pantai Natuna. Sugi, salah satu siswi kelas 11 MAN 1 Natuna yang ikut dalam kegiatan Gernas BCL mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan semangat menjaga kebersihan.

“Kalau kita sama-sama bersihkan sampah, maka sampah akan berkurang, lingkungan nyaman dilihat dan Natuna juga bersih. Kadang suka susah ingetin teman tentang buang sampah, tapi lama kelamaan mereka akan sadar dan mau untuk bersih-bersih sampah”, terang Sugi.

Sementara, Fikri, siswa yang duduk di kelas 7 SMPN 2 Bunguran Timur juga menyampaikan rasa senangnya mengikuti Gernas BCL ini.

“Senang, acaranya meriah. Kalau orang-orang buang sampah sembarangan, laut dan darat kan jadi kotor” ungkapnya

Sebagaimana diketahui, Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut merupakan salah satu program ekonomi biru yang digagas oleh Menteri Trenggono. Program ini dirancang sebagai upaya memulihkan kesehatan laut dari dampak negatif sampah plastik di laut. Saat ini program tersebut secara serentak sedang dilaksanakan di 14 lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.