Kisah Biduan Dangdut Hijrah jadi Petani Sukses, Raup Ratusan Juta dari Konten

by -330 Views

INFOTANI.ID – Novi Listana, mantan penyanyi dangdut, domisili di lereng Gunung Merbabu tepatnya di Desa Selo, Kecamatan Selo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, awalnya malu jadi petani karena kebanyakan orang menganggap profesi petani itu kurang keren, kerjanya kotor-kotoran, panas-panasan dan penghasilannya sedikit. Tapi setelah Ia tekuni profesi itu, Ia bangga karena pekerjaan menjadi petani itu mulia dan peluang bisnis sangat menjanjikan.

“Profesi saya dulu seorang penyanyi dangdut tapi sekarang pekerjaan sehari-hari saya sebagai petani,” kata Novi dilansir dari YouTube Capcapung.

Novi tinggalkan profesi sebagai pedangdut sejak Pandemi Covid 19, saat itu orderan manggung semakin sepi. Ia pun memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan sebagai biduan yang Ia jalani sejak tahun 2014.

Selain itu, yang membuatnya semangat menjadi petani karena capek dengan omongan negatif orang, tentangnya.

“Jadi pedangdut kan omongan orang banyak yang negatif karena pakaian seksi, dandanannya menor, keluar malam-malam dan saya itu sering dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Padahal sebenarnya nggak kayak gitu,” kisah Novi.

Pilihan Novi semakin mantap menjadi petani setelah menikah dan diajak suami pindah ke Selo, Jawa Tengah.

“Nah waktu itu saya di ajarin sama suami saya, cara bertani itu kayak gini, terus diajarin menanam sayur-sayuran terus diajarin ngobat pakai tangki. Saya terus berlatih dan melihat cara bertani orang-orang di sekitar. Saya telateni terus dan jadinya saya bisa bertani,” katanya.

Pandangan orang-orang setelah menjadi petani, lanjut Novi, menjadi positif. Ia juga mengaku bahagia menjalani profesi barunya itu.

“Bahagianya itu gini, saya bekerja berangkat jam 5.15 pagi, terus kalau udah sampai ke kebun sini itu pemandangannya ya bagus sekali. Terus yang ngerjain itu saya sendiri, nggak ada mandornya, nggak ada bosnya,” jelas Novi.

Rupanya, selain sebagai petani, Novi juga menjadi Conten Creator. Aktivitas di kebun dibagikannya di Youtube, Instagram dan Tiktok pribadinya.

‘Saya memberikan edukasi dengan harapan bermanfaat untuk temen-temen petani lain, “ katanya.

“Alhamdulillah tanggapan dari orang semuanya positif dan memberi supporrt,” kisah Novi.

Buat teman-teman yang ingin lihat keseharian saya, kata Novi, boleh kok dikepoin di YouTube Novi Petani Happy, terus di Tiktok Novii Listiana terus di Instagram Novii Listiana.

Diakhir video, Novi tidak lupa memberi pesan untuk petani muda ataupun yang ingin menjadi petani

“Kita harus bangga menjadi petani daripada kita menjadi beban orang tua, lebih baik kita berkarya menciptakan ide-ide baru, hal-hal baru dalam pertanian agar pertanian Indonesia semakin maju,” tutupnya. (kliklabuanbajo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.