Wakil Menteri ATR/BPN Harapkan PTSL di Aceh Tuntas

by -79 Views

INFOTANI.ID – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni didampingi Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Komunikasi dan Pelayanan Publik, Andi Saiful Haq mengunjungi Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Aceh pada Minggu (14/08/2022). Dalam kunjungan ini, Raja Juli Antoni berdiskusi dengan Kepala Kanwil BPN Provinsi Aceh, Mazwar dan seluruh Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) di Provinsi Aceh.

Raja Juli Antoni berpesan, seluruh jajaran perlu berupaya menuntaskan pendaftaran seluruh bidang tanah yang ada di Provinsi Aceh. Akan tetapi, ia mengingatkan bahwa percepatan bukan berarti melupakan kualitas data pertanahan yang didaftarkan. “PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, red) ini untuk memberikan kepastian hukum. Jangan sampai kalau kualitasnya kurang, malah memunculkan ketidakpastian hukum esok, dan di kemudian hari,” ujar Raja Juli Antoni.

Menurut Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Kantah merupakan ujung tombak layanan pertanahan. Oleh sebab itu, harus mampu memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan prosedur, sehingga kepastian hukum tersebut bisa tercapai. “Tagline dari Kanwil BPN Provinsi Aceh, yaitu ‘tuntas dan berkualitas’. Itu luar biasa, suatu kata-kata yang harus menjadi spirit kita bersama,” tuturnya.

Raja Juli Antoni berpendapat, melalui pendaftaran tanah yang berkualitas baik, tentu dapat menghindari terjadinya konflik pertanahan. Dengan demikian, apa yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian ATR/BPN, yakni menuntaskan PTSL dan mendorong penyelesaian konflik-konflik agraria bisa terwujud.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil BPN Provinsi Aceh, Mazwar mengungkapkan, saat ini proses pendaftaran tanah juga harus memenuhi tiga aspek utama. “Jadi kita harus berprinsip cepat, tepat, selamat. Sudah tidak bisa lagi kita menggunakan semboyan biar lambat asal selamat. Kalau ini sudah terpenuhi seperti yang dikatakan Pak Wamen (Wakil Menteri, red) tadi kita bisa tuntas dan berkualitas,” jelasnya.

Adapun pada kunjungan kali ini, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN turut mengunjungi Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh. Di lokasi tersebut, Raja Juli Antoni menyapa seluruh jajaran yang melayani masyarakat pada program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.